Senin, 09 September 2019

penyakit dan Hama Tanaman Buah Strawberry

Cara Mengatasi Penyakit dan Hama Pada Tanaman Buah Strawberry 

bibit strawberry setelah ditanam, terkadang terkena penyakit atau hama. Penyakit tanaman merupakan salah satu kendala besar bagi para petani strawberry karena hama yang menyerang bisa membuat gagal panen. Mencegah terjadinya serangan hama bisa kita lakukan dengan perawatan rutin, misalnya kita menjaga kebersihan kebun.
bibit strawberry 

bibit strawberry setelah ditanam, terkadang terkena penyakit atau hama. Penyakit tanaman merupakan salah satu kendala besar bagi para petani strawberry karena hama yang menyerang bisa membuat gagal panen. Mencegah terjadinya serangan hama bisa kita lakukan dengan perawatan rutin, misalnya kita menjaga kebersihan kebun. 

Salain itu kita bisa menggunakan bibit unggul, bibit sehat dapat menghasilkan tanaman yang sehat juga. Pemilihan bibit ini bisa anda temukan di toko pertanian dengan harga yang beragam, tetapi jangan lupa untuk melihat dulu apakah bibit itu cocok ditanam di daerah anda karena bibit strawberry ada hanya bisa dibudidayakan pada dataran tinggi saja.

Kerusakan pada tanaman strawberry sudah biasa terjadi, jika hal ini menimpa anda silahkan potong tanaman tersebut lalu ganti dengan yang baru. Lingkungan bersih adalah salah satu kunci supaya tanaman tidak gampang diserang hama atau penyakit, menanam strawberry ditempat terbuka memang mudah sekali terserang penyakit. 

Jika mempunyai dana lebih silahkan bangun tempat khusus yang mempunyai atap penutup dibagian atas, sebagai referensi coba lihat beberapa contoh tempat budidaya strawberry di Internet.

Jenis-jenis penyakit pada tanaman buah strawberry


Jenis jenis penyakit strawberry bermacam macam, tetapi yang namanya penyakit pasti bisa ditanggulangi, berikut contoh hama beserta cara menanganinya.

Busuk Buah Matang, gejalanya buah masak tapi terlihat kebasah basahan. Bisa diatasi dengan memberikan Fungisida Funguran 82 WP, Cupravit OB 21, Kocide 80 AS.

Kapang Kelabu, buah strawberry membusuk dan mengering. Atasi dengan Fungisida Benlate atau Grosid 50 SD.

Daun Gosong, terdapat titik bercak pada daun, atasi dengan fungisida Dithane M-45 atau Antracol 70 WP.

Embun Tepung, penyakit ini biasanya menyerang daun yang terlihat seperti tepung menempel berwarna putih, atasi dengan Fungisida Benlate atau Rubigan 120 EC.

Busuk Daun, warna daun terlihat abu abu yang dikelilingi warna merah ungu, atasi dengan Dithane M-45, Antracol 70 WP atau Daconil 75 WP.

Masih banyak sebenarnya penyakit tanaman strawberry seperti serangan serangga. Untuk serangga sendiri ada beberapa tipe tapi kebanyakan menyerang daun, namun ada juga yang memakan batang. Tipe serangga tertentu menyerang dengan virus yang berdampak pada kerusakan daun yang terlihat mulai berubah warna. 

Selanjutnya, dengan pemupukan pada tanaman stroberi, tanaman stroberi dewasa akan segera berbunga dan mengeluarkan buah. Buah stroberi yang baik pada posisi menggantung, sebab jika bauhnya menempel pada tanah, maka buah stroberi akan busuk. Ini karena buah stroberi banyak mengandung air basah, sehingga tanah akan menempel dan membuatnya busuk.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi penyakit dan hama pada tanaman stroberi. Jual bibit strawberry yang ditanam dengan baik menggunakan perawatan dan pemupukan akan terhindar dari kematian akibat penyakit.

Kami jual bibit strawberry unggul siap tanam. Jika Anda berminat, silahkan datang ke tempat kami. Jl Sawahan Srihardono Pundong Bantul Yogyakarta. Untuk WA pada nomor 085747757565. 

Terimakasih...



1 komentar:

michelle mengatakan...

Numpang promo ya Admin^^
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
dengan minimal deposit hanya 20.000
add Whatshapp : +85515373217 ^_~