Senin, 09 September 2019

Panen Buah Strawberry Agar Rusak


Begini Cara Mudah Panen Buah Strawberry Agar Tidak Rusak


Bibit tanaman unggul - bibit strawberry yang siap tanam adalah bibit yang sudah berusia sekurangnya 2 minggu pasca dipotong dari belalai batang pohonnya, atau setelah memiliki daun minimal 3 lembar. Sebab, usia tersebut sudah cukup bagi bibit tanaman strawberry untuk beradaptasi dengan tanah baru. Kualitas bibit strawberry unggul akan menghasilkan panen buah yang bagus dan warna yang cantik.
buah stroberi jogja

Bibit tanaman unggul - bibit strawberry yang siap tanam adalah bibit yang sudah berusia sekurangnya 2 minggu pasca dipotong dari belalai batang pohonnya, atau setelah memiliki daun minimal 3 lembar. Sebab, usia tersebut sudah cukup bagi bibit tanaman strawberry untuk beradaptasi dengan tanah baru. Kualitas bibit strawberry unggul akan menghasilkan panen buah yang bagus dan warna yang cantik.

Masa panen buah strawberry adalah puncak kesenangan bagi penanamnya.  Proses menanam yang kita lakukan selama ini akhirnya membuahkan hasil, menanam strawberry memang gampang-gampang susah, maka tidak heran jika berhasil sampai panen buah stroberi merasa sangat senang. 

Sebenarnya, diantara kesulitan menanam bibit strawberry yang biasa terjadi pada tanaman strawberry yaitu: contohnya dari waktu pembibitan hingga pembuahan kadang sangat lama padahal sudah melakukan berbagai macam perawatan. Bagaimana ini bisa terjadi?

Kalau Anda baru sekali menanam bibit strawberry jangan patah semangat ketika menemukan masalah seperti strawberry sulit berbuah. Biasanya karena diserang penyakit atau hama. Di setiap masalah pasti ada jalan keluar, betul kan? Ini solusi mengatasi tanaman strawberry dari penyakit.


Nah, Secara umum dari proses menanam bibit hingga berbunga memerlukan waktu sekitar dua bulan atau kurang. Pada tahap ini tanaman strawberry akan mulai mengelurkan putik bunga yang berwarna putih. Dari bunga inilah nantinya bakal buah stroberi akan keluar. 

Ketika bunga itu muncul untuk pertama kalinyan silahkan anda potong saja, bunga selanjutnya dibiarkan hingga proses pembuahan. Jarak waktu yang dibutuhkan dari pembibitan biasanya tiga bulan baru berbuah dan bisa langsung dipanen.

Tips Panen Buah Strawberry yang Benar


Jangan asal asalan memetik buah strawberry karena bisa mengakibatkan kerusakan pada tanaman. Batang strawberry sangat sensitif sehingga harus diperlakukan dengan baik, cara memanen strawberry diantaranya :

Menggunakan alat potong seperti gunting yang bersih, Jika Anda memiliki kuku jari yang kuat, gunakan kuku untuk memotong. Jangan menarik buah dari tangkai karena dapat merusak tangkai dan pangkal menjadi layu nantinya.

  • Tidak boleh menarik buah strawberry dengan tangan, hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan yang bisa mengakibatkan tanaman strawberry sulit berbuah


  • Buah strawberry siap panen biasanya berwarna merah mengkilap atau merah tua, dalam satu pohon biasanya tidak semua buah bisa dipanen sekaligus. Ketika memotong pada buah yang akan dipanen jangan sampai merusak ataupun mengenai buah yang masih muda.


  • Buah strawberry pada tanaman dewasa, dalam seminggu anda bisa melakukan dua kali panen, usahakan melakukan panen pada pagi atau sore hari. Hal ini untuk menghindari cuaca panas pada siang hari, diharapkan jika memetik buah stroberi pada pagi dan sore dalam keadaan kondisi cuaca yang tidak terlalu panas.

  • Hasil dari buah yang kita petik letakkan pada wadah besar, hati hati dalam menempatkan buat agar terhindar dari kerusakan. Buah stroberi sehabis dipanen jangan mencucinya dengan air jika ingin awet. Kecuali jika langsung ingin dimakan, sebaiknya memang harus dicuci dengan air bersih. \


  • Jika di panen pada waktu pagi hari, buah stroberi bisa langsung di packing pakai palstik mika untuk dipasarkan.


  • Terakir, boleh saja Anda menambahkan sedikit pupuk pada tanaman strawberry ketika selesai panen supaya asupan nutrisi tetap terjaga. 


  • Sekalian lakukan pengecekan hama yang mungkin bisa menyerang tanaman strawberry, biar lebih gampang silahkan lakukan penyemprotan anti hama tanaman yang cocok untuk strawberry.


Demikain cara menanem tanaman buah stroberi yang benar agar tidak menimbulkan kerusakan pada tangkai dan pohon strawberri. Kami menyediakan bibit stroberi manis siap tanam, jika Anda ingin memiliki tanaman indah dan manis ini, silahkan mengubungi kami untuk memesan bibitnya. 

terimakasih...


1 komentar:

michelle mengatakan...

Izin promo ya Admin^^
bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~