Kamis, 31 Oktober 2019

PERBANYAKAN BIBIT STRAWBERRY


CARA MUDAH PERBANYAKAN BIBIT STRAWBERRY



Bibit tanaman unggul – bibit strawberry – tanaman buah strawberry termasuk tanaman yang mudah adaptasi dengan lingkungan dan cepat dalam proses perbiakan. Cara paling mudah untuk memperbanyak tanaman strawberry adalah memaksimalkan cabang juluran tangkainya.

Juluran tangkai adalah satu bentuk mandiri dari pohon utama stroberi. Pohon akan mengeluarkan juluran jika sudah berumur 2 bulan atau minimal sudah pernah berbuah. Juluran tersebut tumbuh dari pangkal diantara tangkai yang menjadi gagang buah. Setiap pohon pasti memiliki tangkai yang menjadi bakal juluran.

Perbanyakan Dari Cabang Indukan Bibit Strawberry


Juluran dari tangkai ini pada dasarnya akan terus berumbuh. Bahkan jika dibiarkan, ia akan mempu tumbuh mencapai 2 hingga 3 meter. Ini sangat baik, setiap 15 cm dari juluran tersebut terdapat mata tunas baru dimana akan tumbuh anakan baru yang benar-benar mandiri dari indukannya.




Cara mudah untuk memperbanyaknya adalah dengan membiarkan juluran tersebut tumbuh dengan bebas. Kita hanya perlu mebgarahkan juluran itu ke tempat yang aman. Jangan biarkan juluran tersebut terganggu oleh binatang atau hewan pemangsa tanaman.

Setelah juluran batang bibit strawberry itu tumbuh, lalu tempatkan setiap mata tuas yang baru pada wadah atau polybag beriisi media tanam yang subur. Letakkan setiap mata tunas di atas plastik polybag, dengan begitu juluran tersebut akan mulai bersemayam dan tumbuh akar di sana.

Jika dalam 1 meter pada setiap 15 cm meter tumbuh calon tunas, maka kira-kira akan tumbuh 6-7 mata tunas calon bibit strawberry akan bertumbuh. Biarkan mata tunas yang pertama (paling dekat dengan indukan) sampai benar-benar kuat akarnya, dan tumbuh daun-daun yang muda.




Kita bisa melihat tanda-tanda cabang juluran itu telah hidup. Indikatornya bisa diketahui dari tumbuhnya daun yang lebat. Kemudian yang harus kita lakukan adalah memotong pangkal juluran. Ingat, yang dipotong adalah pangkalnya, sehingga juluran selanjutnya bertumbpu pada tunas baru, bukan pohon indukan.

Jika sudah kita potong juluran tersebut, maka tinggal memberi pupuk dan nutrisi untuk tanaman bibit strawberry yang baru tumbuh tersebut. Begitu seterusnya. Demikian penjelasan singakt mengenai cara mudah perbanyakan bibit strawberry. Silahkan mencoba, semoga berhasil....


2 komentar:

michelle mengatakan...

test

michelle mengatakan...

Izin promo ya Admin^^
bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~