Senin, 05 Agustus 2019

Bibit Tanaman Strawberry Tumbuh Subur


Tips Agar Bibit Tanaman Strawberry Tumbuh Subur 

budidaya tanaman strawbery
budidaya strawberry dalam pot

Dalam dunia budidaya strawberry, memiliki tempat dataran tinggi adalah modal yang sangat penting karena kualitas buah bisa sangat bagus. Daerah pegunungan merupakan tempat yang sangat cocok dalam budidaya strawberry, walaupun demikian petani harus memperhatikan perawatan rutin agar tidak terjadi gagal panen. 

Kebanyakan petani strawberry dataran tinggi bisa memasok buah strawberry lebih banyak dibandingkan petani strawberry dataran rendah. Tetapi seiring perkembangan ilmu, telah ditemukan cara optimal menanam strawberry di dataran rendah dengan hasil panen yang melimpah.

Menurut data ilmuan yang telah ditemukan, strawberry bisa tumbuh subur di kawasan dengan suhu sekitar 17˚C sampai 20˚C. Iklim di Indonesia sendiri sangat cukup untuk memenuhi standar tersebut, apalagi di pulau jawa yang rata rata di dominasi dengan pegunungan. 

Secara spesifik strawberry membutuhkan sinar matahari setidaknya delapan jam, namun cahaya matahari tidak dianjurkan mengenai tanaman secara langsung. Strawberry butuh curah hujan kisaran 600mm sampai 700mm pertahun, dianjurkan menanam strawberry di ketinggian 500mdpl sampai 1300mdpl.

Data di atas semata mata untuk menunjang budidaya strawberry, jika daerah anda tidak memenuhi syarat jangan berkecil hati karena masih banyak cara yang bisa dilakukan. Agar strawberry tumbuh subur dibutuhkan perhatian khusus, diantaranya yaitu memilih bibit strawberry unggul berkualitas, pemberian pupuk organik ataupun anorganik secara rutin dan perawatan tanaman strawberry supaya terhindar dari penyakit serta hama.

Yang perlu diperhatikan:


  • ·         Carilah bibit yang Unggul- pembuatan bibit yang baik dan benar
  • ·         Pemberian pupuk yang teratur
  • ·         Penyiraman agar tanah tetap lembab
  • ·         Penyiangan lahan dari rumput liar dan tanaman pengganggu
  • ·         Perawatan yang meliputi pembersihan tanman dari hama dan penyakit


Teknik menanam bibit strawberry juga masuk ke dalam kartegori penting. Media tanam bisa memakai sekam beserta pasir, ada beberapa daerah yang kurang optimal ketika menggunakan media tanah. Sedangkan untuk wadah tempat tanaman bisa memanfaatkan pot dan paralon yang dibelah menjadi dua bagian serta sudah diberi lubang. 

Ada bermacam macam teknik budidaya strawberry misalnya teknik strawberry hidroponik yang banyak diterapkan oleh para petani strawberry. 

Faktor lain yang dapat menunjang bibit tanaman strawberry tumbuh subur yaitu perawatan rutin. Hal ini lebih ke memperhatikan tanaman difase lanjut entah itu perihal pemberian pupuk yang berfungsi untuk nutrisi tanaman dan pembasmian hama secara berkala.




1 komentar:

michelle mengatakan...

Izin promo ya Admin^^
bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~