Minggu, 08 April 2018

EKOWISATA TEMPAT BUDIDAYA BUAH STRAWBERRY DI INDONESIA

EKOWISATA TEMPAT BUDIDAYA BUAH STRAWBERRY DI INDONESIA 


Bagi Anda yang punya hobi jelan-jalan wiasta ke kebun buah, jangan sampai ketinggalan untuk berkunjung ke kebun buah strawberry. Lalu, di Indonesia ini, dimanakah tempat budidaya strawberry yang bisa didatangi?

Inilah dia, tempat-tempat kebun buah stroberi sebagai ekowisata yang mesti masuk ke daftar desinasi kesegaran wisata Anda. Ekowisata sendiri maksudnya tentang pemberdayaan warga agar bernilai ekonomi masyarakat lokal serta pendidikan. Ekowisata menjadi urgen ketika di alam Indonesia sendiri terasa adanya dampak negatif pada kegiatan pariwisata konvensional. Dampak negatif bisnis pariwisata yang berupa eksploitasi, galian, tambang, dan sebagainya. Ekowisata meningkatkan peran masyarakat setempat dan persaingan bisnis yang mulai memuliakan lingkungan, budaya dan ekonomi masyarakat setempat, salah satunya ekowisata kebun buah naga.

1, Ekowisata Kebuh Strawberry Lembang 


Panorama gerbang kebun buah strawberry Llembang, Jawa Barat
      Seperti dilansir dalam sebandung.com, destinasi wisata populer di Lembang terdapat tempat wisata utama yaitu memetik buah strawberry yang masih segar dan menggoda. Anda bisa memetik buah yang masih berwarna merah di pohon stroberi sesuai keinginan. Kebun  buah stroberi ini telah dirawat dengan baik sehingga kualitas tanaman dan buah tetap terjaga. Anda membayar sesuai dengan buah yang telah kita petik.

Kebun Lebmang merupakan lokasi utama di Bandung yang menyediakan tempat-tempat ekowisata petik buah strawberry. Wisata di berbagai tempat di dua lokasi itu seringkali dikombinasikan dengan fasilitas lain, terutama kuliner. Jadi Anda tidak perlu kesulitan jika merasa lapar setelah memetik strawberry, Anda bisa mampir ke warung makan setempat. Strawberry memang hampir setiap saat ada di kebun lembang ini, namun kalau bisa, Anda dapat datang pada musim puncak panen sehingga Anda memperoleh hasil dan kualitas buah yang bagus-bagus kualitasnya.


 

2. Ekowisata Kebun Strawberry Ciwidey


Buah Strawberry berbuah lebat siap untuk dipanen di kebun Ciwidey
Lokasi berikutnya adalah Kebun buah Strawberry Petik Sendiri di Ciwidey, Bagi Anda yang pertama kali melihat tanaman stroberi ini merupakan pengalaman yang cukup seru yang bisa anda lakukan bareng pacar atau keluarga Anda, memetik langsung buah strawberry di kebun, dan buah stroberi tersebut bisa anda jadikan oleh-oleh khas bandung yang bisa anda bawa pulang untuk keluarga yang tinggal di rumah.

JIka Anda datang dan masuk ke Kebun buah Strawberry Ciwidey ini, sebenarnya bagi setiap pengunjung yang berkunjung ke sini tidak dikenakan biaya, akan tetapi setiap butir buah strawberry yang anda atau pengunjung petik langsung dari pohonnya akan dihitung berdasarakan jumlah berat total buah strawberry yang berhasil anda petik dan kumpulkan yang kemudian akan ditimbang oleh petugas di kebun. 


3. Eowisata Kebun Buah Strawberry di Malang, Pandanrejo


Kebun buah Strawberry Pandanrejo, Malang dengan view pegunungan
Ekowisata kebun buah strawberry berikutnya berada di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji selalu menyediakan daya tarik yang berbeda bagi wisatawan. Tidak tidak hanya terkenal akan petik stroberi saja melainkan sensasi keindahan alam dan ketenangan yang pasti menjadi daya tarik bagi wisatawan betah di tempat yang sejuk dan asri. Para wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan luas pertanian stroberi, di sekitar area ini wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Panderman secara jelas banget.

Salah satu pekebun buah strawberry Agus Mulyono, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji mengatakan rata-rata wisatawan yang datang tidak hanya ingin memetik stroberi. Wisatawan juga ingin menikmati pemandangan sekitar. Sehari di tempat ekowisata ini wisatawan yang datang untuk memetik stroberi 5 hingga 10 wisatawan. Rata-rata yang datang dari berbagai daerah di antaranya Surabaya, Lamongan, Sidorajo, Banyuwangi, Jakarta, Jogjakarta, solo, dan Semarang.  



4. Ekowisata Kebun Buah Strawberry di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah


Kebun buah Strawberry di Tawangmangu menggunakan media pot
Bibit buah strawberry dapat tumbuh dan berkembang di daerah yang bersuhu udara cukup dingin. nah, di Kecamatan Tawangmangu tepatnya, merupakan sentra perkebunan strawberry yang terkenal dan telah menyuplai hasil pertaniannya ke berbagai wilayah di Indonesia. Kebun strawberry ini telah menjadi salah satu sumber penghasilan dan mata pencaharian warga di sekitarnya. Di lokasi ekowisata kebun buah ini, bisa bertanya langsung dengan para petani yang sedang bekerja merawat tanaman Strawberry dan tentang bagaimana proses detailnya dari awal hingga akhir. Anda juga diperbolehkan memetik langsung buah strawberry yang sudah siap panen dan boleh langsung memakannya.

Untuk masuk dan melihat perkebunan strawberry ini anda tidak akan dikenakan biaya masuk. Hanya saja jika anda ingin memetik dan makan strawberry langsung dari kebunnya anda hanya harus membayar harga buah strawberry nya sebesar Rp. 35.000,00 sekilo. Jika anda tidak sempat memetik dan memilih sendiri, anda bisa langsung membeli strawberry yang sudah dipetik dan tentu nya adalah strawberry yang sudah matang dan dipilih langsung oleh para petaninya.

5. Ekowisata kebun buah strawberry di Magetan Jawa Timur.


Tukang kebun di Magetan sedang memanen buah strawberry di polybag
Alamat bibit strawberry berada di perbatasan Magetan - Tawangmangu tepatnya Jl. Raya Sarangan No.47, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur terhampar luas perkebunan stroberi. pemandangan alam yang hijau ditambah udara dingin Puncak Lawu memberikan kesan berbeda saat piknik ke lokasitersebut. 

Anda sama sekali tidak dipungut biaya mengunjungi wisata  kebun buah strawberryini. sedangakan Semua tanaman stroberi ditanam dalam polybag/karung dan ditata rapi berjajar sehingga memudahkan saat memetik. Berkat cuaca yang pas, semua tanaman bisa menghasilkan stroberi dengan warna merah menyala, rasa manis menyegarkan dan buah yang lezatttt. Jika anda ingin memakan secepatnya maka pilihkan strawberry yang merah empuk (benar-benar matang) namun jika ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh maka pilihlah yang sedikit keras dengan sedikit warna kuning sehingga nanti saat sampai rumah tidak lembek.


Walau Anda dapat bergerak bebas di sini, setidaknya Anda tetap jaga kebersihan selalu dan menomor satukan kebersihan dan budaya membuang sampah ya, agar petani tidak kesulitan dan keberatan sat membersihkan area ini. Memang benar tidak ada tiket masuk ke kebun namun ternyata harga Stroberi yang kita petik ini sedikit lebih mahal dibandingkan stroberi yang dijual oleh para pedagang. Alasannya karena buah lebih fresh dan pengunjung mendapatkan kesenangan saat memetik. Perbedaan harga bisa mencapai 10 ribu rupiah. 
buah strawberri berwarna merah siap untuk dipanen

Para pengunjung tidak boleh memakan langsung buah strawberry ini karenan belum termasuk hitungan. Di sekitar kebun sudah dibangun tempat yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin langsung memakan stoberi yang baru dipetik. Pengelola kebun juga menyediakan susu kental manis sebagai pendamping makan buah yang terasa manis dengan sedikit asam ini.Sebaiknya anda berkunjung ke Agrowisata kebun strawberry petik sendiri di Sarangan saat jarang hujan.  

Seperti dilasir Jalanwisata.id Kebun Strawberry ini dapat dijadikan sarana edukasi agar anak-anak mencintai alam. Lihat saja saat musim liburan sekolah, banyak rombongan anak TK dengan bus pariwisata yang datang. Nuansa kebun ini sangat asri. Dengan kuliner yang khas dan sate kelinci yang hangat dan menemani. Jika kalian kemari cobalah mengunjungi satu dari deretan kebun strawberry 

lima ekowisata di atas masih terbatas di pulau jawa. Banyak daerah dingin di indonesia yang seenarnya cocok untuk budidaya tanaman buah stroberi. misalnya di pulau kalimantan, papua, NTT, NTB Sumatra dan sebagainaya. Jika dikembangkan dengan baik, perkebunan strawberry ini mampu menjadi penopang ekonomi dan taman edukasi bagi anak-anak indonesia. maksudnya, tidak perlu buang-bunag uang ke luar negeri untuk melihat pohon stroberi, melainkan cukup di indonesia saja.


___
Artikel buah strawberry ini diolah dari berbagai sumber.
posted by bibit buah strawberry.

Tidak ada komentar: