Jumat, 05 Juli 2019

pengendalian hama penyakit tanaman buah strawberry

Pengendalian Penyakit dan Hama Pada Tanaman Strawberry

bibit strawberry unggul manis
Penyakit hama: Daun strawberry berlobang dimakan ulat

Hallo sobat..., pada kesempatan ini saya akan berbagi tips untuk menyelamatkan tanaman buah strawberry dari ancaman hama dan penyakit. Yuk simak tipsnya..

Penyakit Bercak Hitam pada Daun 


Gejalah pertama dari penyakit ini adalah adanya luka kecil pada permukaan daun muda pada bibit strawberry. Luka kemudian membesar, membentuk satu atau lebih bercak-bercak melingkar dengan diameter 3 samapai 6 mm.

Karena bercak-bercak ini membesar, bagian tengah berubah warna dari abu-abu keputihan dan dikelilingi dengan batas warna kemerah-merahan, oleh karena itu sebabnya di namakan bercak mata burung. Bagian temgah yang lebih terang membedakan bercak daun dari daun terbakar, yang di sebabkan oleh Diplocarpon earliana, dan menampakkan bercak-bercak kecil ungu gelap.

Bila kondisi cuaca menguntungkan, bercak bertambah besar dan bersatu, menyebabkan seluruh daun mongering dan mati. Semua bagaian atas dari tanaman, khususnya sepala, akhirnya dapat juga diserang dan bintik-bintik hitam dapat kelihatan pada buah sakit ketika penyakit ini mencapai tingkat epidemic 

Bercak kecil ungu tua pada daun, pusat bercak berwarna coklat yang akan berubah menjadi putih  Sisih bawah tulang daun yang bersinggungan dengan bercak berwarna ungu kemerahan. Seluruh daun dapat mati. Infeksi dapat terjadi pada tangkai daun, tangkai buah dan buah

Faktor yang Mempengaruhi Penyakit


Penyakit pada bibit strawberry unggul bisa disebabkan karena Infeksi oleh bawaan udarah (air boorne) biasanya paling baik terjadi dalam setetes air, baik air hujan, kabut maupun embun. Air yang bebas terutama penting untuk jamur yang memiliki soospora.

Kelembaban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan sukulentis pada tumbuhan dan ini dapat mengurangi ketahanan terhadap parasit. Kelembaban kebun di pengaruhi oleh beberapa factor misalnya kerapatan tanaman, pohon pelindung yang terlalu rimbun, angin, topografi.

Suhu dapat mempengaruhi banyaknya spora yang berkecambah, demikian pula kecepatan dan tipe perkecambahan. Pada umumnya suhu minimum untuk perkecambahan spora adalah 1-3o C dan suhu maksimum adalah 30-36o C.

Spora yang basah lebih peka terhadap hambatan oleh sinar. Spora yang sudah mulai berkecambah juga lebih peka terhadap sinar. Radiasi sinar dapat menyebabkan jamur mengalami mutasi dan mati. Secara tidak langsung sinar dapat mempengaruhi kelembaban.

Serangan Serangga


Serangga dan manusia dapat menyebarkan pathogen, pathogen menempel di tangan dan pada saat menyentuh tanaman baru, pathogen tadi akan tinggal di tanaman baru.

Pada tanaman yang subur biasanya muncul penyakit karat, embung tepung sedangkan pada tanaman yang lemah biasanya muncul penyakit bercak daun dan busuk akar

Pengendalian Penyakit dan Hama 


Penyakit pohon strawberry ini dapat di kendalikan dengan menanam di tanah yang drainase baik, mengendalikan gulma, memperhatikan jarak tanaman. Jika diperlukan tanaman dapat di semprot dengan fungisida tembaga, zineb, ferbam atau kaptan.

Pengendalian bercak daun stroberi juga dapat di lakukan denga sanitasi daun. Tetapi belum ada laporan ilmiah yang tersedia. Beberapa laporan menunjukkan bahwa pengelolaan yang terbaik dari bercak daun adalah tanaman resisten.

Demikian bahasan tentang penyakit dan hama yang bisa menyerang tanaman strawberry. Cara diatas merupakan bentuk upaya pengendalian yang cukup banyak dilakukan oleh para pembudidaya tanaman buah strawberry.

cc: Bibit strawberry manis


1 komentar:

michelle mengatakan...


bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^