Minggu, 08 April 2018

Cara Budidaya Tanaman Strowberry Yang Bagus di Dataran Rendah

Cara Mudah Budidaya Strowberry


 
bibit pohon strawberry
Tanaman Stroberi bisa tumbuh di hampir semua jenis lahan di wilayah Indonesia. Namun, dalam menaman bibit strawberry, lahan yang tepat yaitu dengan kondisi tanah yang tidak ketat/keras dengan struktur menjadi gembur. Sistem pengairan tanah yang baik dan pengelolaan air sangat penting untuk keberhasilan budidaya bibit strawberry. Tanah harus gembur supaya mudah untuk tekanan pertumbuhan akar, sedangkan pengairan di dalam tanah penting untuk kelembaban. 

Pemakaian tanah berpasir/gembur memungkinkan periode percepatan pertumbuhan akar tanaman strawberry yang lebih cepat antara penanaman dan pertumbuhan daun. Pengemburan tanah sebaiknya dilakukan hingga kedalaman 30 hingga 50 cm untuk melonggarkan tekstur dan tanah mendapatkan udara yang cukup. Mengenai persiapan tentang tanah ini, upaya terbaik yang harus kita dilakukan adalah memberi pupuk sedikit dari bekas kotoran cacing.



Beberapa Tips Untuk Budidaya Tanaman Strawberry


kebun strawberri
Bagi Anda yang pernah merasakan buah stroberi berair dan manis, pastinya heran bagaimana cara menumbuhkan bibit stroberi. Ini rangsangan bagus bagi ide Anda untuk memiliki persediaan buah strawberry di kulkas atau freeser. Anda dapat juga membuat tanaman stroberi yang hasil buahnya menggoda dan besar peluang untungnya. Menanam Strawberry itu mudah dan menyenangkan. Yang Anda butuhkan yaitu tips yang berkembang kekinian untuk pohon stroberi dan trik untuk memastikan bahwa bibit strawberry berbuah banyak dan rasanya manis lezat.

Nah, selanjutnya kalau Anda ingin tahu kapan saat paling tepat menanam stroberi, jawabannya adalah kapan Anda siap menanamnya? Pastinya Anda akan menanamnya sesegera mungkin. Namun, sebelumnya persiapkan dulu tanah yang akan dipakai menanam. Mungkin Anda butuh meluangkan waktu untuk bekerja mengolah tanah.

Cara menanam bibit stroberi yang bagus adalah lakukanlah penanaman pada sore hari. Ini agar tanaman merasakan lembab di malam hari serta agar tidak layu saat terkena terik matahai yang menyengat setelah beberapa jam usai penanaman bibit Strawberry. Jangan metutup semua batang tanaman strawberry dengan kotoran. Buatlah hanya akar dengan sedikit pangkal pohon saja yang tertutup dengan tanah. Setelah menanamnya, pastikan Anda menyirami sehari sekali. Peyiraman ini memberi kelembapan pada tanaman bibit Strawberry. Jika Anda rutin memberi pengairan, maka lihatlah pertumbuhan awal yang bagus.



Banyak cara untuk buddaya bibit Strawberry. Perhatikan hal berikut ini:


tanaman strawberry dalam polybag
Buatlah sistem peletakan bibit secara berbaris pada tanah. Dalam kondisi peletakan bibit strawberry ini, tanaman harus diatur secara terpisah sekitar 20 hingga 30 inci dan setiap barisan harus terpisah sekitar 1 meter. Jika Anda ingin menanam stroberi yang subur, Anda bisa menggunakan sistem bukit (gundukan) tanah yang di sela-selanya terdapat bedengan. Dan, sebisa mungkin tidak ada tanaman lain di lahan tersebut.

Bibit Strawberry yang sudah diturunkan ke dalam tanah membutuhkan sinar matahari yang cukup. Pastikan bahwa tempat yang Anda pilih untuk pohon stroberi mendapatkan banyak sinar matahari penuh. Banyak tanaman stroberi menghasilkan bunga mereka di awal bulan ke 2 paska tanam. Pastikan dalam budidaya strawberry ini bahwa bibit-bibit berada di tempat yang sangat cerah akan membantu mencegah cuaca dingin supaya bunga-bunganya tidak rontok berjatuhan. Di samping itu, semakin cukup banyak tanaman stroberi terkena matahari, semakin besar dan lebih baik buah stroberi yang dihasilkan dari budidaya tanaman strawberry.

Pengairan untuk tanaman budidaya strawberry- Tips yang bagus lainnya untuk menanam buah stroberi adalah memastikan di mana Anda menanamnya memiliki drainase yang cukup baik. Jika halaman tanah yang Anda miliki liat, keras, dan gersang atau tidak memiliki drainase yang baik, Anda sebaiknya membuat gundukan tanaman untuk tumbuh atau membangun tempat bedengan yang dapat dipakai untuk pengairan tanaman strwberry Anda.

gambar buah strawberry di kebun



Berikutnya bahan untuk budidaya strawberry ini yaitu kompos. Kompos berguna sebgai inti keuburan untuk menumbuhkan bibit strawberry yang menghasilkan buah beri yang besar dan manis. Pastikan bahwa tanah telah sepenuhnya diberi kompos yang baik dan pupuk kompos.

Satu lagi karakteristik pohon strawberry, yaitu punya kebiasaan belalai yang menjulur. Tanaman strawberry juga suka menyebar. Jika Anda memberikan ruang gerak pada tanaman stroberi , mereka akan menyebar dan membuat lebih banyak tanaman stroberi untuk beberapa musim tahun ke depan. 

Untuk itu, Anda perlu memasang jepitan- Saya tahu itu bisa cukup merepotkan, tetapi dengan sebagian besar bibit tanaman strawberry Anda akan ingin memotong belalai tanaman stroberi tahun pertama. Tetapi, lebih Anda biarkan saja, ini karena bibit strawberry unggul Anda mengembangkan sistem akar yang baik dan akan lebih mampu menumbuhkan stroberi sebaik mungkin.

buah strawberri yang sudah siap petik
Berikutnya, ketika buah strawberry sudah mulai nampak memerah, Anda akan tahu bahwa mereka sudah matang. Anda dapat memetiknya pada saat itu, pergi setiap hari atau lebih untuk mencari stroberi baru sebelum didahului oleh hama siput.

post by bibit strawberry

Tidak ada komentar: